Rabu, 06 Juni 2012

Trik Cepat Mendapatkan Inspirasi Untuk Menulis





Para ClubOn pasti pernah mengalami 'jalan buntu' saat menulis. Entah untuk posting blog, ataupun tugas kuliah. Untuk mendapatkan inspirasi menulis, ide-ide segar bisa datang dari mana saja.
Berikut tips agar Anda cepat mendapatkan inspirasi :



  1. Jadikan Menulis Sebagai Hobi
    Jangan jadikan tulisan itu musuh atau menganggap menulis itu membosankan. Jadikanlah ia sahabat dalam hobi Anda, dengan begitu pikiran Anda akan cepat mendapatkan ide. Sebab jika Anda melakukan sesuatu dengan senang hati, maka hasilnya pun akan maksimal.
  2. Membaca Tulisan Orang Lain
    Luangkanlah waktu untuk membaca tulisan orang lain entah itu melalui internet maupun buku, majalah, atau koran. Hal itu akan mendorong Anda mendapat inspirasi ketika melihat tulisan dari orang lain. Bahkan hanya dengan menengok ke sekeliling Anda, apapun bisa menjadi ide penulisan.
  3. Berinteraksi Dengan Orang Lain
    Sekalipun Anda enjoy dengan internet, jangan lupakan juga keadaan sekitar anda. Anda bukanlah makhluk individu. Tidak ada salahnya Anda memulai percakapan dengan orang lain. Atau saat Anda berada di bus, cobalah sapa orang di sebelah Anda, mulailah obrolan, apa saja. Dari obrolan tersebut mungkin nantinya bisa dijadikan inspirasi menulis. Tetapi ingat, tetap waspada dalam memilih orang yang diajak berkomunikasi.
  4. Dari Suatu Peristiwa
    Setiap hari, dimanapun kita berada, berbagai peristiwa tentu menemani hari kita. Mengapa tidak untuk Anda tuangkan menjadi ide menulis? Seperti Raditya Dika buku cerita remaja, di blognya pun ia menulis kesehariannya yang ternyata malah mendapat banyak respon. Belajar dari yang berpengalaman tentu lah penting.
  5. Rajinlah Membaca
    Inilah sumber menulis yang paling baik, karena tentu anda tahu bahwa buku adalah jendela dunia. Coba luangkan waktu minimal 4 jam dalam sehari untuk membaca. Jangan pernah memilih dalam membaca, meskipun itu hanya sebuah majalah. Otak akan terasah dengan membaca. Ilmu Anda pun terus bertambah. Itu berarti sambil menyelam minum air, kan?
  6. Jalan-jalan
    Siapa yang tak senang jalan-jalan, hampir semua orang menyukai kegiatan ini. Tak perlu jauh-jauh atau dengan rencana yang lama diperhitungkan, ingatlah Anda hanya sekedar mencari inspirasi. Pergi ke Mall, makan siang diluar kantor, atau menemani teman santai sore di taman merupakan jalan untuk Anda mencari ide yang fresh.

Mudah kan, ClubOn? atau mungkin setelah membaca artikel ini Anda langsung mendapat inspirasi baru. Untuk itu tidak ada ruginya share artikel ini kepada teman Anda, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar