Rabu, 06 Juni 2012

Tips Menulis Artikel yang Baik - 4 Hal yang Anda Butuhkan

Hi, ClubOn ! Anda yang hobi menulis artikel, tentu ingin tahu bagaimana Anda bisa maju melalui tulisan Anda. Baik untuk media cetak maupun web, inilah 4 hal penting yang Anda perlukan untuk menulis artikel yang baik.


  1. Judul
    Judul adalah sama pentingnya dengan isi artikel. Jika Anda tidak memiliki judul yang baik, maka tulisan Anda menjadi sulit ditemukan orang secara online. Gunakan kata kunci yang panjang dan tekankan apa poin utama Anda dalam penulisan artikel. Judul bisa membuat orang untuk membacanya, jadi pastikan itu dilakukan dengan benar.
  2. Paragraf Pembuka
    Paragraf pembuka harus Anda kaitkan dengan informasi apa yang akan Anda sajikan di bagian isi artikel, sehingga menarik orang untuk melanjutkan membaca. Jika Anda tidak berhati-hati dalam membuat kalimat pembuka, maka tulisan Anda bisa berakhir membosankan orang hingga tidak meneruskan membaca hingga akhir artikel. Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan yang terbaik dari tulisan Anda, pastikan bahwa ide penulisan Anda fokus pada paragraf pembuka.
  3. Isi
    Isi artikel Anda harus memuat semua informasi secara detail yang Anda sajikan pada paragraf pembuka. Jika Anda tidak menyertakan hal-hal ini, pembaca akan merasa seperti telah ditipu, dan tentu itu bukan hal yang positif. Paragraf isi harus memiliki informasi yang relevan dengan ideologi keseluruhan yang Anda miliki. Fokuskan poin-poin penting apa yang Anda bahas, lalu uraikan menjadi luas namun tetap tidak keluar dari ide penulisan Anda. Hindari terlalu banyak kalimat yang sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan judul artikel Anda.
  4. Paragraf Penutup
    Gunakan paragraf penutup untuk menyajikan isi tulisan Anda secara garis besar. Hal ini penting, karena banyak orang mungkin langsung tertuju pada paragraf terakhir untuk mencari kesimpulan. Usahakan tidak terlalu singkat namun padat akan ringkasan informasi dari keseluruhan isi artikel Anda. Atau jika Anda menginginkan pembaca menjadi pengunjung setia artikel Anda, selipkan kata-kata menarik yang membuat mereka penasaran akan artikel Anda selanjutnya.

Menulis artikel tidaklalh sulit, Anda hanya perlu memanfaatkan empat hal di atas. Ciptakan keselarasan artikel Anda dari mulai
paragraf pembuka hingga penutup. Ingatlah, begitu pesatnya persaingan menulis artikel untuk mendapatkan perhatian pembaca terlebih di dunia maya. Latih selalu kemampuan menulis Anda dengan berbagi tulisan Anda di halaman ini !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar