Rabu, 06 Juni 2012

7 Langkah Tepat Dalam Merawat Kamera Digital

Jika ClubOn sudah memiliki kamera digital yang diidamkan, sekarang tinggal bagaimana merawat kamera tersebut agar terhindar dari kerusakan dan berumur panjang. Ikutilah 6 tips perawatan kamera berikut :


  1. Jauhkan dari Kapur Barus

    Benda perusak yang sangat ampuh terhadap kamera Anda adalah kapur barus. Benda itu dapat menyekat-nyekat kamera dan bagian kamera yang berbahan dasar karet. Jalur PBC (Printed Circuit Board) pada kamera digital juga dapat rusak oleh kapur barus. Tempat chip-chip kamera yang terpasang dan elemen chip itu sendiri menjadi rusak. Lensa pun akan terdapat flek melalui uap kapur barus.

    Tempat yang kedap udara, sejuk dan kering sangat cocok sebagai tempat menyimpan kamera. Wadah yang tertutup rapat dan diberi silica gel didalamnya untuk menyerap kelembaban, adalah alternatif untuk penyimpanan kamera. Aturlah sirkulasi udara dan kelembabannya jika Anda ingin menyimpan dalam lemari. Pasanglah lampu berkekuatan 5 watt dan diletakkan pada jarak kurang lebih 40 cm di atas kamera dan perlengkapan yang lainnya. Sebelum menyimpannya, jangan lupa membuka pembungkus kamera dan membersihkannya.

    Jadi, jangan sekali-kali menyimpan kamera di dalam lemari apapun yang telah diisi kapur barus atau kamper pengharum pakaian. Hal tersebut mengingat kerusakan kamera yang diakibatkan oleh kapur barus biasanya tak bisa diperbaiki lagi.
  2. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari

    Bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik lainnya akan rusak jika terkena panas yang tinggi. Jagalah kamera agar jangan sampai terjemur atau terkena cahaya matahari secara langsung dan berlebihan.
  3. Jagalah dari Goncangan yang Berlebihan

    Biasanya ketika Anda hendak membeli kamera, Anda ditawarkan tas khusus atau sudah termasuk paket. Gunakanlah tas tersebut untuk menaruh kamera Anda agar terhindar dari guncangan yang berlebihan. Letakkan kamera beserta tas khusus pada tempat yang aman dan tahan guncangan. Benturan antar peralatan kadang tidak kita sadari.
  4. Bersihkan Kamera dan Lensa

    Anda bisa menggunakan lap kering yang bersih dan tidak kasar untuk membersihkan bagian luar fisik kamera. Sedangkan untuk elemen-elemen kecil di bagian dalamnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera. Kuas berserabut halus pun bisa Anda jadikan alat alternatif. Bersihkanlah seminggu sekali dan secara teratur.

    Jika lensa terkena noda seperti jari yang berminyak atau air keringat, Tissue khusus bisa Anda jadikan alat untuk membersihkannya. Terlalu sering mencuci lensa dan membersihkan bagian dalam yang berjamur juga tidak baik. Kepekaan yang dimiliki kaca lensa sangat berpengaruh. Mutu gambar akan menurun jika sering membersihkannya.
  5. Hindari Goresan pada Lensa

    Keasikan memotret kadang tanpa disadari ada saja yang membuat lensa tergores. Untuk menghindari hal itu, pasanglah filter ulir permanen di bagian depan lensa. Filter UV (Ultra Violet) atau filter skylight biasanya umum dijadikan filter pelindung. Saat lensa dilepas dari badan kamera, pasanglah 'bodycup' untuk menghindari goresan di bagian belakang lensa.
  6. Hindari Air Laut

    Saat ini memang sudah banyak dijual pelindung anti air untuk kamera Anda. Namun tetaplah waspada menggunakan kamera di pantai. Kamera Anda akan berkarat jika terkena air laut. Lain halnya jika kamera Anda memang dirancang untuk bisa beradaptasi dengan air.

    Segeralah membersihkan kamera sehabis digunakan di daerah pantai. Butir-butir garam yang ditinggalkan uap air laut bisa menjadikan kamera berkarat. Rendamlah langsung kamera Anda ke dalam air tawar jika tanpa sengaja tercebur ke dalam air laut. Hilangkanlah bekas-bekas air laut tersebut dengan membilasnya berkali-kali. Lakukanlah hal itu sesegera mungkin, sebab proses pengrusakan oleh air laut berlangsung sangat cepat. Barulah Anda bawa kamera tersebut ke ahli servis kamera untuk membersihkan dan mengeringkannya.
  7. Service di Tempat Terpercaya atau Resmi

    Menunggu kamera rusak baru kemudian diservis adalah hal yang salah. Mintalah bantuan pada Service Center kamera Anda untuk memberitahukan kurun waktu yang tepat untuk Anda melakukan servis kamera. Servis itu meliputi pembersihan lensa dari jamur yang menempel atau juga penyesuaian setelan-setelan utama kamera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar